Home > Gamer says > Malam Puncak Hujan Meteor Perseid

Malam Puncak Hujan Meteor Perseid

redmeteor1

Meteor atau disebut juga bintang jatuh adalah bagian dari angkasa yang terpisah dari asteroid. Orbit meteor terhadap matahari dinamakan “Meteoroid” yang terdiri dari bebatuan dan bongkahan logam seperti besi dan nikel. Meteor yang jatuh jika kita lihat mempunyai cahaya yang melewati langit seperti bola api.

Terkadang, bumi dijatuhi meteor. Hal ini disebut sebagai hujan meteor. Hujan meteor atau pancaran meteor terlihat di langit hampir pada tanggal yang sama dalam setiap tahun. Kejadian yang paling indah terjadi sekitar tanggal 3 januari, 12 agustus dan 14 desember. Jutaan meteor masuk kedalam atmosfir bumi, tetapi sebagian besar terbakar habis sebelum mencapai permukaan bumi. Kadang-kadang meteor yang besar tidak terbakar habis dan jatuh ke bumi. Sebuah meteor yang jatuh kebumi disebut dengan batu bintang. Jatuhnya meteor-meteor tersebut ke bumi memiliki kecepatan yang tidak terhingga. Diperkirakan kecepatannya mencapai 133,200 mph atau 60 kilometer per jam.

Malam nanti, dini hari tanggal 13 Agustus, diperkirakan akan terjadi fenomena alam setahun sekali berupa hujan meteor perseid yang akan menghiasi langit di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Bill Bunker, presiden Whatcom Association of Celestial Observers mengatakan waktu terbaik untuk mengamati meteor itu adalah setelah tengah malam atau sebelum fajar menyingsing. Ellen Thompson anggota Whatcom Association of Celestial Observers mengatakan akan muncul 30 hingga 35 meteor dalam satu jam atau satu meteor tiap dua menit. Hujan meteor Perseid terjadi tiap tahun dari akhir Juli hingga akhir Agustus. Meteor itu terlihat saat bumi melewati batu ruang angkasa itu di mana waktu puncaknya adalah pada 12 Agustus. Dinamakan hujan meteor Perseid karena orang pertama yang menemukan meteor itu. Benda angkasa itu akan bergerak di timur laut dekat konstelasi Perseus. Namun meteor itu sebetulnya hanya berjarak ribuan mil dan bukan tahun cahaya seperti jarak bintang-bintang.

Sambil menunggu turunnya ‘hujan’ setahun sekali ini, bagaimana jika diisi dengan game Red Meteor? Bumi sedang terancam dengan turunnya hujan meteor yang akan mengakibatkan kerusakan jika meteor tersebut turun sampai ke bumi. Gunakan peluru ampuh yang dapat menggeser arah gerak meteor dari gaya gravitasi bumi. Jika masih belum bergeser, gunakan bom berkekuatan besar untuk memindahkan Red Meteor dari jalur kecepatannya. Selamatkan Bumimu di Game KapanLagi.com.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: