Home > Recommended > Mengapa Halloween Identik Dengan Labu?

Mengapa Halloween Identik Dengan Labu?

Halloween atau Hallowe’en adalah tradisi perayaan malam tanggal 31 Oktober dan terutama dirayakan di Amerika Serikat. Tradisi ini berasal dari Irlandia, dan dibawa oleh orang Irlandia yang beremigrasi ke Amerika Utara. Halloween dirayakan anak-anak dengan memakai kostum seram, dan berkeliling dari pintu ke pintu rumah tetangga meminta permen atau cokelat  sambil berkata “Trick or treat!” Ucapan tersebut adalah semacam “ancaman” yang berarti “Beri kami (permen) atau kami jahili.” Di zaman sekarang, anak-anak biasanya tidak lagi menjahili rumah orang yang tidak memberi apa-apa. Sebagian anak-anak masih menjahili rumah orang yang pelit dengan cara menghiasi pohon di depan rumah mereka dengan tisu toilet atau menulisi  jendela dengan sabun.

Pesta Halloween sangat identik dengan hiasan labu yang diukir seperti wajah dan diisi lampu atau lilin di dalamnya. Labu ini dikenal dengan nama Jack O’Lantern. Di Amerika Serikat, Jack O’Lantern sering diletakkan di depan pintu masuk rumah sesudah hari gelap. Labu berlampu ini menurut legenda adalah api pemberian Sang Setan akibat penjanjian yang tidak dilakukan Jack dengan Sang Setan ketika hendak mengambil nyawanya. Jack terus berkeliling dengan membawa api yang diletakkan dalam labu dan dibawanya berkelana di dunia manusia hidup hingga ia mendapatkan tempat peristirahatan terakhir karena ditolak masuk ke dalam dunia arwah.

Terlepas dari perayaan halloween dan legendanya, si labu sendiri merupakan simbol yang tidak pernah lepas dari halloween. Terutama karena di negara asal halloween sendiri yaitu Amerika, labu sangat mudah dikembangkan untuk yang berukuran besar, dan juga mudah untuk dibentuk karena teksturnya yang kering. Tapi bagaimana jika si labu sendiri yang ingin mendapatkan permen dan cokelat dalam perayaan halloween? Mungkin dia akan meloncat dari satu tempat ke tempat lain seperti SLINGOWEEN.

  1. dio
    November 19, 2010 at 8:48 am

    di muncar belum ada hallowen

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: